15 Taktik Sukses Menghadapi Pengukuhan Sekolah/Madrasah 2018
Akreditasi sekolah merupakan kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau forum berdikari yang berwenang untuk memilih kelayakan kegiatan dan/atau satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal dan non-formal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan, menurut kriteria yang telah ditetapkan, sebagai bentuk akuntabilitas publik yang dilakukan dilakukan secara obyektif, adil, transparan dan komprehensif dengan memakai instrumen dan kriteria yang mengacu kepada Standar Nasional Pendidikan.
Latar belakang adanya kebijakan pengakuan sekolah di Indonesia yaitu bahwa setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu. Untuk sanggup menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, maka setiap satuan/program pendidikan harus memenuhi atau melampaui standar yang dilakukan melalui kegiatan pengakuan terhadap kelayakan setiap satuan/program pendidikan.
Akreditasi sekolah/madrasah mempunyai lingkup pekerjaan yang mencakup:
- Taman Kanak-kanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA).
- Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI).
- Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).
- Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA).
- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).
- Sekolah Luar Biasa (SLB) yang terdiri dari Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB), SD Luar Biasa (SDLB), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa (SLTPLB) dan Sekolah Menengah Luar Biasa (SMLB).
Pelaksanaan pengakuan sekolah/madrasah mempunyai manfaat sebagai berikut:
- Dapat dijadikan sebagai pola dalam upaya peningkatan mutu Sekolah/Madrasah dan planning pengembangan Sekolah/Madrasah.
- Dapat dijadikan sebagai motivator supaya Sekolah/Madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional.
- Dapat dijadikan umpan balik dalam perjuangan pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga Sekolah/Madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, seni administrasi dan kegiatan Sekolah/Madrasah.
- Membantu mengidentifikasi Sekolah/Madrasah dan kegiatan dalam rangka pemberian santunan pemerintah, investasi dana swasta dan donatur atau bentuk santunan lainnya.
- Bahan gosip bagi Sekolah/Madrasah sebagai masyarakat berguru untuk meningkatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam hal profesionalisme, moral, tenaga dan dana.
- Membantu Sekolah/Madrasah dalam memilih dan mempermudah kepindahan akseptor didik dari satu sekolah ke sekolah lain, pertukaran guru dan kerjasama yang saling menguntungkan.
Dalam pelaksanaan pengakuan yang ada pada forum sekolah madrasah niscaya banyak yang mengalami permasalahan, permasalahan yang umum terjadi antara lain sebagai berikut ini :
- Dokumen Tidak Lengkap.
Dalam proses pengakuan bukti fisik harus sesuai dengan isian DIA yang ada pada BAN SM online. Banyak sekali bencana dimana pada ketika pengakuan dokumen yang telah disiapkan sesuai dengan isian DIA yang ada pada BAN SM tidak tersedia, ini menjadi nilai tersediri bagi asesor dalam menilai pengakuan yang ada pada sekolah/madrasah. - Sarana dan Prasarana Tidak standart
Baca Juga
Setiap satuan pendidikan wajib mempunyai sarana yang meliputi perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber berguru lainnya, materi habis pakai, serta perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan.
Setiap satuan pendidikan wajib mempunyai prasarana yang meliputi lahan, ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, instalasi daya dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi, dan ruang/tempat lain yang dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran yang teratur dan berkelanjutan. - Waktu yang relatif terbatas
Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi Akreditasi, mempersiapkan segala keperluan baik itu dokumen, penataan ruang, bukti fisik dll dengan yang sangat terbatas. Banyak sekali sekolah madrasah yang bekerja ektra untuk mencapai nilai yang memuaskan namun dengan waktu yang sangat terbatas mungkin itu yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan pengakuan di Sekolah madrasah.
Berikut seni administrasi sukses persiapan sekolah Menghadapi Akreditasi
Untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan Akreditasi Sekolah/Madrasah perlu dilakukan stategi atau tindakan perencanaan supaya proses dalam pelaksanaan Akreditasi menjadi lancar dengan hasil yang maksimal, Berikut 15 seni administrasi sukses menghadapi pengakuan sekolah/madrasah.
- Membentuk Managemen Tim Akreditasi Sekolah.
Salah satu kunci sukses keberhasilan pengakuan yaitu membentuk SK TIM Akreditasi Sekolah/Madrasah. Dalam SK TIM pengakuan tersebut setiap ptk mempunyai kiprah dan tanggung jawab sendiri ihwal penilain 8 standart, sehingga dalam waktu evaluasi setiap standart pengakuan mempunyai penangungjawab kunci untuk menyiapkan dokumen yang diminta oleh asesor. - Unduh Dan pelajari Perangkat Akreditasi
Pelajari dokumen yang disiapkan oleh BAN SM menyerupai Intrumen Akreditasi , Petunjuk teknis pengisian isntrumen, Pengumpulan Data Akreditasi dan Penskoran Akreditasi, dengan memahami dokumen-dokumen tersebut kita akan tahu bagaimana proses yang benar dalam menghadapi Akreditasi sekolah/madrasah. - Pelajari SISPENA S/M Dan Skaligus ISI DIA.
Sebelum terdaftar dalam Akreditasi setiap forum sekolah yang dinyatakan dilakakukan pengakuan oleh ban S/M terlebuh dulu wajib mengisi DIA yang ada pada SISPENA. Dengan mempelajari dan melengkapi isian tersebut maka sekolah/madrasah sudah siap untuk dilaksanakan evaluasi Akreditasi. - Unggah semua data yang dimiliki
Data yang dimaksud yaitu data yang sesuai dengan yang telah diisikan dalam Instrumen DIA pada Aplikasi SISPENA.
Isi DIA dengan Jujur DIA atau Data Isian Akreditasi harus sesuai dengan Data yang ada disekolah, dengan kata lain data yang riil akan mempermudah kita untuk mempersiapkan dari pada harus mengada-ada data yang tidak ada hanya untuk mendapat nilai pengakuan yang lebih. - Menyiapkan Data Akreditasi ( Hard soft )
Mepersiapkan data pengakuan yang harus dipenuhi mulai dari Persyaratan, IPDIP, Photo Pendukung dan Skoring Offline sebagai langkah awal akreditasi. - SIAPKAN RUANG DOKUMEN & KOORDINASI
Karena dalam proses pengakuan komponen komponen dan bukti fisik sebagai penujang evaluasi pengakuan yang banyak meliputi 8 standart penilaian. tentu membutuhkan ruangan yang luas dan gampang untuk menempatkan dokumen dokumen supaya gampang dalam melaksanakan pencarian. - Chek kesesuaian Dapodik/Emis
Setiap forum sekolah sebaiknya mengecek data yang ada pada SISPENA dengan mencocokan data yang ada pada aplikasi Dapodikdasmen. - Pelajari Bobot Butir Dan Bobot Komponen
Dengan mengetahui Bobot butir dan bobot komponen maka sanggup diambil kesimpulan mana saja yang harus dipersiapkan dengan melihat nilai yang lebih tinggi. - Mulai berfikir dan bertindak efektif efiseien
Maksud diatas menggambarkan bahwa dalam mempersiapkan semua kelengkapan pengakuan dengan cepat, tepat dengan biaya yang sedikit,, apa sanggup ??
Bisa saja,, Dengan menerapkan berfikir dan bertindak efektif serta efesien niscaya , mempersiapkan data secara bersama sama kerjasama yang baik dalam administrasi sekolah menyerupai yang dijelaskan diatas, semua akan berjalan dengan sukses. lihat contoh soal instrumen di bawah ini :71. Sekolah/madrasah mempunyai gudang dengan ketentuan: (1) luas minimum 18 m2, (2) mempunyai perabot, (3) sanggup dikunci, (4) tertata dengan baik.
A. Memenuhi 4 ketentuan
B. Memenuhi 3 ketentuan
C. Memenuhi 2 ketentuan
D. Memenuhi 1 ketentuan
E. Tidak mempunyai gudangPetunjuk Teknis
71. Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, tempat menyimpan sementara peralatan sekolah/ madrasah yang tidak/belum difungsikan, dan tempat menyimpan arsip yang telah berusia lebih dari 5 tahun.
Sekolah/madrasah mempunyai gudang dengan ketentuan: 1) Luas minimum gudang yaitu 18 m2. 2) Gudang dilengkapi sarana lemari dan rak tiap ruang. 3) Gudang sanggup dikunci
Dibuktikan dengan menyidik ruang simpan/gudang dan perabot.74. Sekolah/madrasah mempunyai kantin yang memenuhi ketentuan: (1) area tersendiri, (2) luas minimum 12 m2, (3) ruangan bersih, (4) sanitasi yang baik, (5) menyediakan masakan yang sehat dan bergizi.
A. Memenuhi semua ketentuan
B. Memenuhi ketentuan (1), (3), (4), dan (5)
C. Memenuhi ketentuan (1), (3), dan (5)
D. Memenuhi ketentuan (1), (4), dan (5)
E. Tidak memenuhi ketentuan (1)Petunjuk tehnis
74. Kantin 1) Kantin menempati area tersendiri. 2) Luas kantin sesuai dengan kebutuhan siswa, dengan luas total minimum 12 m2. 3) Kantin memperhatikan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan. 4) Kantin mempunyai sanitasi yang baik. 5) Kantin menyediakan masakan dan minuman yang sehat dan bergizi bagi guru, karyawan dan siswa. Makanan dan minuman sehat dan bergizi yaitu yang mempunyai kandungan gizi seimbang yang mengandung serat dan zat-zat yang dibutuhkan badan untuk proses tumbuh kembang (empat sehat, lima sempurna).
Dibuktikan dengan menyidik kantin.75. Sekolah/madrasah mempunyai tempat parkir kendaraan yang memenuhi ketentuan: (1) area khusus parkir, (2) luas memadai, (3) mempunyai sistem pengamanan, (4) mempunyai rambu-rambu parkir.
A. Memenuhi semua ketentuan
B. Memenuhi ketentuan (1), (2), dan (3)
C. Memenuhi ketentuan (1), (2), dan (4)
D. Memenuhi ketentuan (1) dan (2)
E. Tidak memenuhi ketentuan (1)
Petunjuk Teknis
75. Tempat Parkir 1) Tempat parkir menempati area tersendiri. 2) Tempat parkir dibentuk dengan mengikuti standar yang ditetapkan dengan peraturan tempat atau peraturan nasional. 3) Tempat parkir mempunyai sistem pengamanan. 4) Tempat parkir dilengkapi dengan rambu-rambu kemudian lintas sesuai dengan keperluan.
Dibuktikan dengan menyidik tempat parkir. - Buat matrik kontrol DOKUMEN Matrik kontrol dokumen sanggup diisi sesuai dengan perkembangan kelengkapan dokumen
- CHEK RE CHEK DATA PEDUKUNG ANTAR AGGOTA TIM Jangan lupakan untuk selalu berkoodinasi dengan antar anggota yang telah terbagi dalam TIM Akreditasi sekolah, dimana jikalau masih ada salah satu anggota yang masih belum lengkap dengan dokumennya kita sanggup membantu dengan segera untuk menyelesaikanya.
- LEGKAPILAH DOKUME dan BUKTI PHISIK DEGAN OPTIMAL DAN LOJIK ….
Melengkapi bukti fisik dan dokumen dengan optimal dan lojik sesuai dengan DIA yang ada pada SISPENA - KOORDINASI DAN SIBUK LENGKAPI DATA
Dalam Kesibukan mempersiapkan Dokumen dan bukti fisik jangan lupakan untuk selalu berkoordinasi dengan anggota , alasannya yaitu kita mempunyai tujuan yang sama untuk mensukseskan Pelaksanaan Akreditasi di sekolah/madrasah. - EDIT/UPDATE DATA
Sebelum dilakukan validasi terakhir sedianya untuk mengedit dan mengupdate data sesuai dengan bukti fisik yang telah dicapai dengan maksimal, sehingga ketika dilakukan evaluasi oleh asesor kita tidak merasa terbebani dengan bukti fisik yang tidak sesuai dengan isian DIA Pada SISPENA - NILAI LEBIH
lembaga sekolah sanggup mendapat lebih dengan membuktikan hal yang menonjol pada sekolah/madrasah, misalkan : Drumband, Gerakan Pramuka , Ektrakurikuler yang ada pada sekolah, itu sanggup menjadi nilai pemanis sebagai awal evaluasi AKreditasi.
Demikian 15 seni administrasi sukses dalam menghadapi pengakuan sekolah/madrasah, semoga sanggup bermamfaat bagi sekolah/sekolah yang akan melaksanakan Akreditasi ketika ini.